w4d

Sabtu, 01 Februari 2014

METODE PENELITIAN

SISTEM INFORMASI DAN ADMINISTRASI DI PUSKESMAS TANAH SEPENGGAL LINTAS



Disusun Oleh : 
-  AHMAD BUKHARI 
NPM : 111006963411001


Mata kuliah : Metode Penelitian Sosial
Program Studi : D3 Administrasi Bisnis 
Semester : V (Lima)


Dosen Pembimbing : 
Ovie Yanti, S.Sos, M.Pd


SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI
(STIA)
MUARA BUNGO
2013/2014



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

         Sebagai sebuah organisasi instansi pemerintah, Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo semakin dituntut untuk memperlihatkan keberhasilan pencapaian tugas pokok dan fungsinya. Keberhasilan sebuah organisasi akan banyak dipengaruhi oleh kemampuannya untuk menyampaikan informasi secara terbuka, seimbang dan merata bagi semua pihak yang berkepentingan. Penyampaian informasi kinerja ini dimaksudkan sebagai pengungkapan capaian kinerja instansi pemerintah dalam satu tahun anggaran berdasarkan komitmen yang telah ditetapkan sebelumnya.

        Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintah daerah dibidang pengelolaan kesehatan seperti pengelolaan Jamkesmas, Jamkesda, BPJS, rawat inap, rawat jalan, dan pengobatan di Puskesmas induk. Tugas tersebut adalah ketentuan Dinas Kesehatan yaitu penyelenggaraan manajemen struktural.

1.2 Tujuan

        Setiap penulisan laporan mempunyai suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi yang khusus menangani masalah administrasi pelayanan kesehatan pada Puskemas Tanah Sepenggal Lintas, sehingga dapat meningkatkan kinerja pada lembaga.

1.3 Kegunaan

        Adapun kegunaan dari penulisan laporan kerja lapangan ini adalah antara lain sebagai berikut :
  1. Untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi, khususnya tentang penggunaan atau pemanfaatan jaringan komputer sebagai proses penunjang kestabilan dan efisiensi dalam bekerja di Puskesmas Tanah Sepenggal Lintas.
  2. Dalam memahami sistem informasi manajemen puskesmas di Tanah Sepenggal Lintas, maka akan memudahkan dalam penyelesaian masalah dan bahkan dapat mendorong kita untuk mencoba mengembangkan sistem yang dipakai.
  3. Memperkenalkan manfaat komputer sebagai sarana untuk memungkinkan pengguna untuk memproses penyimpanan dan pengelolaan data berlangsung secara tepat dan efisien.
1.4 Waktu dan Tempat

        Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2014 pukul 08.00-13.00 WIB, dan tempat penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar